Mengapa siswa SMP senang bermain games online?




 Siswa SMP sering kali ditemukan guru-guru bermain game online. Game Online biasa dimainkan oleh laki-laki, jarang perempuan bermain game online. Game online yang sering dimainkan laki-laki adalah game-game simulasi perang ataupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer yang akhirnya dilepas lalu dikomersialkan, game-game ini kemudian menginspirasi game-game yang lain muncul dan berkembang.

 Dampak positif dari game online bagi siswa SMP adalah pergaulan siswa akan lebih mudah di awasi oleh orang tua, otak siswa akan lebih aktif dalam berfikir, reflek berfikir dari siswa akan lebih cepat merespon, emosional siswa dapat di luapkan dengan bermain game, siswa akan lebih berfikir kreatif.

 Sedangkan dampak negatif dari game online bagi pelajar adalah siswa akan malas belajar dan sering menggunakan waktu luang mereka untuk bermain game online,siswa akan mencuri curi waktu dari jadwal belajar mereka untuk bermain game online, waktu untuk belajar dan membantu orang tua sehabis jam sekolah akan hilang karena maen game, uang jajan atau uang bayar sekolah akan di selewengkan untuk bermain game online, lupa waktu Pola makan akan terganggu, emosional siswa juga akan terganggu karena efek game ini, jadwal beribadahpun kadang akan di lalaikan oleh siswa, siswa cenderung akan membolos sekolah demi game kasayangan mereka.
 Game Online memiliki pengaruh yang cukup besar bagi orang yang memainkan game tersebut. Salah satunya adalah anak-anak karena mereka sudah memiliki dan memainkan game online. Anak-anak zaman sekarang sudah dibiasakan dengan gadget untuk bermain game online. Ini kesalahan dari orangtua. Orang tua mungkin hanya ingin menunjukan kasih sayang kepada anak dengan memberikan berbagai fasilitas misalnya gadget canggih. Tetapi secara tidak langsung orangtua telah mengajarkan hal negatif kepada anak yang dapat menganggu perkembangan anak di kemudian hari.
 Namun hal tersebut lebih baik daripada diajak untuk ke arah yang lebih negatif. Jadi, menurut saya game online boleh saja dimainkan, asal jangan terlalu sering atau kecanduan. Karena dapat sangat berdampak negatif kepada siswa, seperti sering tidak fokus saat pelajaran, melupakan kegiatan-kegiatan yang penting demi bermain game online, dan lain-lainnya.

Comments